1-
KONSEP UMUM TENTANG ILMU BELAJAR
Definisi : ilmu yang kita ajarkan berdampak
baik terhadap perubahan tingkah laku setiap anak dengan sifat
menetap/konsisten.
Tujuan : untuk mengetahui perbedaan setiap individu/individual different.
Manfaat :
·
Agar mudah memahami peserta didik
·
Memudahkan penerapan pengetahuan pendekatan
komunikasi kepada anak didik, dsb
Metode/tehniknya :
·
Metode wawancara
·
Metode observasi.
·
Metode pemberian sejumlah angket pertanyaan.
۱-
مسودة عامة في
السيكولوجي
تعريف : العلم
الذي نعلمه جيدا على أثر التغيرات السلوكية لكل طفل مع طبيعة تسوية / متناسقة.
الهدف : التعرف على كل الاختلافات الفردية /
الفرد مختلفة.
الفوائد
:
·
لذا يمكنك بسهولة فهم المتعلم.
·
تسهيل تطبيق المعرفة من الاقتراب من الطلاب على
الاتصال. وهكذا دواليك.
الطرق )تيكنيك(
·
طريقة المقابلة.
·
طريقة الملاحظة.
·
طريقة الإستبانة (طريقة تقديم عدد من الأسئلة
الاستطلاع).
2-
MACAM-MACAM GEJALA/AKTIVITAS KEGUNAAN MANUSIA
·
Kognitif : gejala pengenalan/kognisi adalah
gejala-gejala jiwa, seperti :
pengamatan, tanggapan, ingatan, berpikir, dan
intelijensi. Ranah kognitif manusia terletak pada otak.
·
Emosi : gejala jiwa perasaan (emotional ).
·
Kecerdasan intelektual (IQ) : nature/alamiah :
merupakan kecerdasan untuk menerima, menyampaikan, dan pengolahan informasi
menjadi fakta.
·
Kecerdasan emosional (EQ) : merupakan kemampuan
untuk mengenali perasaan kita sendiri dan kemampuan mengelola emosi dengan baik
pada diri sendiri dan hubungan dengan orang lain.
·
Kecerdasan spiritual (SQ) : merupakan
kecerdasan yang bertumpu pada bagian dalam diri kita, yang berhubungan dengan
kearifan diluar ego atau jiwa sadar.
۲- أنواع العوارض نشاطة نفسية الإنسان
.
·
المعرفية : التعرف على اعراض المرض / الإدراك هو
الأعراض النفسية ، مثل : الملاحظة
والتغذية الراجعة ،
والذاكرة ، والتفكير ، والذكاء. وتقع في مجال
الدماغ المعرفي البشري.
·
المشاعر : مشاعر الأعراض النفسية (عاطفية).
·
الاستخبارات الفكرية (الذكاء) : الطبيعة /
الطبيعية :هي المخابرات لتلقي وتقديم
ومعالجة
المعلومات إلى واقع
·
الذكاء العاطفي (مكافئ) : القدرة على التعرف على
مشاعرنا الذاتية والقدرة على
إدارة العواطف
جيدا في نفسك وعلاقاتك مع الآخرين.
·
الروحية الاستخبارات (مربع) : الاستخبارات يستند
في جزء منه فينا ، الذي يرتبط مع الحكمة وراء الأنا أو الروح واعية.
3-
PENGERTIAN HEREDITAS DAN LINGKUNGAN TERHADAP
PETUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
·
Hereditas
Karakteristik inidividu yang diwariskan oleh
orang tua kepada anak, baik fisik maupun psikis.
·
Karakteristik fiisk :
- Struktur
tubuh
- Warna kulit
- Bentuk rambut
·
Karakteristik psikis :
- Emosi
- Kecerdasan
- Baka
- Lingkungan
·
Lingkungan merupakan keseluruhan fenomena
(peristiwa, situasi, dan kondisi) fisik atau sosial yang mempengaruhi atau
dipengaruhi perkembangan individu.
·
Lingkungan yang mempengaruhi perkembangan
individu adalah :
a. lingkungan
keluarg
b. Lingkungan
sekola
c. Lingkungan
sebaya (per group)
d. Lingkungan
masyarakat.
۳- تعريف الوراثة والبيئة على النمو والتنمية
·
الوراثة
الخصائص الفردية التي تم تمريرها من قبل الآباء
والأمهات للأطفال ، سواء الجسدي والنفسي.
·
الخصائص
الفيزيائية
الخصائص النفسية:
§
هيكل الجسم-
العاطفة
§
لون الجلد- الاستخبارات
§
شكل شعرك-
المواهب
·
البيئة
والظواهر البيئية الشاملة (الأحداث ، والمواقف ، والظروف) ، المادية أو الاجتماعية أو التطورات التي تؤثر على الأفراد المتضررين
والظواهر البيئية الشاملة (الأحداث ، والمواقف ، والظروف) ، المادية أو الاجتماعية أو التطورات التي تؤثر على الأفراد المتضررين
·
البيئة التي تؤثر على تنمية الفرد هو:
أ. عائلة البيئة.
ب. مدرسة البيئة.
ج. الزملاء البيئة (لكل مجموعة(
د. المجتمع البيئة.
4-
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PSIFISIK
Perkembangan psiko-fisik terdiri atas :
Perkembangan motor
Merupakan perkembangan yang progresif dan
berhubungan dengan perolehan aneka ragam ketrampilan fisik anak.
Perkembangan kognitif
Merupakan perkembangan fungsi intelektual atau
proses perkembangan kemampuan atau kecerdasan otak anak.
Perkembangan
sosial dan moral
Merupakan perkembangan mental yang berhubungan
dengan perubahan-perubahan cara anak berkomunikasi dengan objek atau orang lain
baik sebagai individu maupun sebagai kelompok.
٤. النمو البدني والنفسي التنمية
تطور علم النفس البدني يتكون من :
۱. محرك التنمية
هو التطوير التدريجي ويرتبط الحصول على مجموعة متنوعة من المهارات البدنية للأطفال.
۲. التطور المعرفي
هو تطوير وظيفة فكرية أو عملية التنمية أو ذكاء قدرة الدماغ الطفل.
۳. التنمية الاجتماعية والأخلاقية
ويرتبط مع التغيرات النمو العقلي للأطفال وسيلة
التواصل مع أشياء أو أشخاص آخرين سواء كانوا أفرادا أو جماعات
.
5. KONSEP BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
a. konsep belajar
1. arti penting belajar
Belajar adalah proses perubahan setiap individu kearah yang lebih baik dan bersifat menetap.
2. contoh belajar
3. teori-teori pokok belajar
teori-teori pokok belajar terdiri atas :
- teori Behavioristik
- teori kognitifisme, dan
- teori humanistic
4. proses dan tahapan belajar
b. faktor-faktor yang mempengaruhinya :
1. faktor internal siswa
- intelligent quantity (kecerdasan intelektual)
- emotional quantity (kecerdasan emosional)
- bakat
- minat
2. faktor eksternal siswa
- pengaruh lingkungan
- fasilitas
- gizi, dan
- ekonomi keluarga
3. faktor pendekatan belajar
- murid sebagai guru
- model jigsaw
- private
- membuat beberapa pertanyaan
- snow bolling.
٠٥تعلم المفاهيم والعوامل التي تؤثر
أ. تعلم المفاهيم
۱. أهمية التعلم
التعلم هو عملية تغيير في كل فرد من أجل التوصل إلى أفضل واستقر و.
۲. أمثلة التعلم
۳. نظريات التعلم الأساسية
النظريات الأساسية للتعلم ويتألف من:
-- نظرية متعلق بالسلوكيات
-- النظرية المعرفية ، و
-- النظريات إنسانيات
٤. عمليات ومراحل التعلم
ب. العوامل المؤثرة:
۱. عوامل داخلية الطلاب
-- كمية الذكي )الاستخبارات
(
-- الكمية العاطفية )الذكاء العاطفي(
-- الكمية العاطفية )الذكاء العاطفي(
-- المواهب
-- المصالح
۲. عوامل خارجية الطلاب
-- الآثار البيئية -- التغذية ، و
-- تسهيلات -- الأسر الاقتصادي
۳. عامل نهج التعلم
-- طالب ومدرس -- القطاع الخاص -- سنو بولينج
-- بانوراما نموذج -- اجعل بعض الأسئلة.
tak copy pakek tugas ku ya akng dwe???
ReplyDeletesip.sip.. beri masukan bang,...
ReplyDelete