ilmu jiwa belajar bahasa



1-      KONSEP UMUM TENTANG ILMU BELAJAR
Definisi : ilmu yang kita ajarkan berdampak baik terhadap perubahan tingkah laku setiap anak dengan sifat menetap/konsisten.

Tujuan : untuk mengetahui perbedaan setiap individu/individual different.

Manfaat :
·         Agar mudah memahami peserta didik
·         Memudahkan penerapan pengetahuan pendekatan komunikasi kepada anak didik, dsb

Metode/tehniknya :
·         Metode wawancara
·         Metode observasi.
·         Metode pemberian sejumlah angket pertanyaan.

۱- مسودة عامة في السيكولوجي
تعريف : العلم الذي نعلمه جيدا على أثر التغيرات السلوكية لكل طفل مع طبيعة تسوية / متناسقة.
الهدف : التعرف على كل الاختلافات الفردية / الفرد مختلفة.
الفوائد :

·         لذا يمكنك بسهولة فهم المتعلم.
·         تسهيل تطبيق المعرفة من الاقتراب من الطلاب على الاتصال. وهكذا دواليك.


الطرق )تيكنيك(

·         طريقة المقابلة.
·         طريقة الملاحظة.
·         طريقة الإستبانة (طريقة تقديم عدد من الأسئلة الاستطلاع).

2-      MACAM-MACAM GEJALA/AKTIVITAS KEGUNAAN MANUSIA
·         Kognitif : gejala pengenalan/kognisi adalah gejala-gejala jiwa, seperti :
 pengamatan, tanggapan, ingatan, berpikir, dan intelijensi. Ranah kognitif manusia terletak pada otak.
·         Emosi : gejala jiwa perasaan (emotional ).
·         Kecerdasan intelektual (IQ) : nature/alamiah : merupakan kecerdasan untuk menerima, menyampaikan, dan pengolahan informasi menjadi fakta.
·         Kecerdasan emosional (EQ) : merupakan kemampuan untuk mengenali perasaan kita sendiri dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan hubungan dengan orang lain.
·         Kecerdasan spiritual (SQ) : merupakan kecerdasan yang bertumpu pada bagian dalam diri kita, yang berhubungan dengan kearifan diluar ego atau jiwa sadar.

۲- أنواع العوارض نشاطة نفسية الإنسان
.
·         المعرفية : التعرف على اعراض المرض / الإدراك هو الأعراض النفسية ، مثل : الملاحظة والتغذية الراجعة ،
 والذاكرة ، والتفكير ، والذكاء. وتقع في مجال الدماغ المعرفي البشري.
·         المشاعر : مشاعر الأعراض النفسية (عاطفية).
·         الاستخبارات الفكرية (الذكاء) : الطبيعة / الطبيعية :هي المخابرات لتلقي وتقديم ومعالجة المعلومات إلى واقع
·         الذكاء العاطفي (مكافئ) : القدرة على التعرف على مشاعرنا الذاتية والقدرة على إدارة العواطف جيدا في نفسك وعلاقاتك مع الآخرين.
·         الروحية الاستخبارات (مربع) : الاستخبارات يستند في جزء منه فينا ، الذي يرتبط مع الحكمة وراء الأنا أو الروح واعية.

3-      PENGERTIAN HEREDITAS DAN LINGKUNGAN TERHADAP PETUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
·         Hereditas
Karakteristik inidividu yang diwariskan oleh orang tua kepada anak, baik fisik maupun psikis.

·         Karakteristik fiisk :
- Struktur tubuh
- Warna kulit
- Bentuk rambut
·         Karakteristik psikis :
- Emosi
- Kecerdasan
- Baka
- Lingkungan
·         Lingkungan merupakan keseluruhan fenomena (peristiwa, situasi, dan kondisi) fisik atau sosial yang mempengaruhi atau dipengaruhi perkembangan individu.
·         Lingkungan yang mempengaruhi perkembangan individu adalah :
a. lingkungan keluarg
b. Lingkungan sekola
c. Lingkungan sebaya (per group)
d. Lingkungan masyarakat.


۳- تعريف الوراثة والبيئة على النمو والتنمية
·         الوراثة
الخصائص الفردية التي تم تمريرها من قبل الآباء والأمهات للأطفال ، سواء الجسدي والنفسي.
·          الخصائص الفيزيائية
الخصائص النفسية:
§         هيكل الجسم- العاطفة
§         لون الجلد-  الاستخبارات
§         شكل شعرك- المواهب
·         البيئة
والظواهر البيئية الشاملة (الأحداث ، والمواقف ، والظروف) ، المادية أو الاجتماعية أو التطورات التي تؤثر على   الأفراد المتضررين
·         البيئة التي تؤثر على تنمية الفرد هو:

أ. عائلة البيئة.
ب. مدرسة البيئة.
ج. الزملاء البيئة (لكل مجموعة(
د. المجتمع البيئة.
4-      PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PSIFISIK

Perkembangan psiko-fisik terdiri atas :

Perkembangan motor
Merupakan perkembangan yang progresif dan berhubungan dengan perolehan aneka ragam ketrampilan fisik anak.

Perkembangan kognitif
Merupakan perkembangan fungsi intelektual atau proses perkembangan kemampuan atau kecerdasan otak anak.

Perkembangan sosial dan moral
Merupakan perkembangan mental yang berhubungan dengan perubahan-perubahan cara anak berkomunikasi dengan objek atau orang lain baik sebagai individu maupun sebagai kelompok.


٤. النمو البدني والنفسي التنمية

تطور علم النفس البدني يتكون من :

۱. محرك التنمية

هو التطوير التدريجي ويرتبط الحصول على مجموعة متنوعة من المهارات البدنية للأطفال.

۲. التطور المعرفي
 
هو تطوير وظيفة فكرية أو عملية التنمية أو ذكاء قدرة الدماغ الطفل.

۳. التنمية الاجتماعية والأخلاقية

ويرتبط مع التغيرات النمو العقلي للأطفال وسيلة التواصل مع أشياء أو أشخاص آخرين سواء كانوا أفرادا أو جماعات
.







5. KONSEP BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI

a. konsep belajar

1. arti penting belajar

Belajar adalah proses perubahan setiap individu kearah yang lebih baik dan bersifat menetap.

2. contoh belajar

3. teori-teori pokok belajar

teori-teori pokok belajar terdiri atas :

- teori Behavioristik

- teori kognitifisme, dan

- teori humanistic

4. proses dan tahapan belajar


b. faktor-faktor yang mempengaruhinya :

1. faktor internal siswa

- intelligent quantity (kecerdasan intelektual)

- emotional quantity (kecerdasan emosional)

- bakat

- minat

2. faktor eksternal siswa

- pengaruh lingkungan

- fasilitas

- gizi, dan

- ekonomi keluarga

3. faktor pendekatan belajar

- murid sebagai guru

- model jigsaw

- private

- membuat beberapa pertanyaan
 
- snow bolling.

٠٥تعلم المفاهيم والعوامل التي تؤثر


أ. تعلم المفاهيم

۱. أهمية التعلم

التعلم هو عملية تغيير في كل فرد من أجل التوصل إلى أفضل واستقر و.

۲. أمثلة التعلم

۳. نظريات التعلم الأساسية

النظريات الأساسية للتعلم ويتألف من:

--
نظرية متعلق بالسلوكيات

--
النظرية المعرفية ، و

--
النظريات إنسانيات

٤. عمليات ومراحل التعلم


ب. العوامل المؤثرة:

۱. عوامل داخلية الطلاب

--
كمية الذكي )الاستخبارات
(
--
الكمية العاطفية )الذكاء العاطفي(

--
المواهب

--
المصالح

۲. عوامل خارجية الطلاب

--
الآثار البيئية -- التغذية ، و

--
تسهيلات -- الأسر الاقتصادي

۳. عامل نهج التعلم

--
طالب ومدرس -- القطاع الخاص -- سنو بولينج

--
بانوراما نموذج -- اجعل بعض الأسئلة.

2 comments: