Representasi Filosofis


REPRESIF adalah singkatan dari Representasi Filosofis yang artinya;

Secara Etimologi adalah kata imbuhan Re; sekali lagi; kembali: reformasi; belakang; ke arah belakang: regresi. Kemudian Presentasi: pemberian (tt hadiah); pengucapan pidato (pd penerimaan suatu jabatan); perkenalan (tt seseorang kpd seseorang, biasanya kedudukannya lebih tinggi); penyajian atau pertunjukan (tt sandiwara, film, dsb) kpd orang-orang yg diundang; mem·pre·sen·ta·si·kan v menyajikan; mengemukakan (dl diskusi dsb). Sedangkan Filosofis adalah berdasarkan filsafat.

Sedangkan secara terminologi yaitu mengemukakan kembali tentang konsepsi etika, estetika dan logika berdasarkan filsafat.

Usut diusut, ditengah keriuhan sekaligus kericuhan dunia global, ternyata mengusung semangat mengacak tiga sendi kehidupan bangsa, yaitu; (1) Etika, (2) Estetika dan (3) Logika. Sekalipun ketiga sendi tersebut telah bersemi selama berabad-abad secara indigenous, pelan tapi pasti mengalami gerusan nilai yang diusung oleh dunia luar -global-.

Lebih jauh, kreasi global ini menyulap mentalitas aktivis, menghilangkan identitas diri sebagai bagian dari bangsa yang memiliki tiga sendi diatas. Menanggalkannya dalam tempo yang tak terbatas. Aktivis bukan lagi menjadi subyek bebas berkarya dan bergerak, melainkan dipasung oleh sekian kepentingan, dikepung oleh arogansi kekuasaan. Bahkan dihadapan kekuasaan, aktivis tertunduk sambil memegang kemaluannya sebagai simbol kepatuhan. Aktivis bukan lagi sebagai generasi manusia, yang kalau dirunut, aktivis adalah generasi pasca kenabian, melainkan sebagai manusia yang tunduk oleh kuasa sebagai imbalan atas proyek tertentu.
----
Kami ter-atas-namakan REPRESIF, yang dibentuk oleh pada tahun 2011 pasca Pelatihan Kader Dasar 2011 di Pondok Darul 'Ilmy Pandaan, Kab. Pasuruan. yang arti singkatnya yaitu kumpulan orang-orang yang belum merdeka atau tertekan oleh bentuk kekuasaan dominan yang memperjuangkan keseimbangan, agar suatu system stabil.

2 comments: